Theorems (The Original Research of Mathematics)
Vol 3, No 2 (2019)

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Matematik Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran SLIM-N-BIL (Analysis of Students Mathematical Critical Thinking Skills Through Learning Strategies of SLIM-N-BIL)

M. Nuur’aini Sholihat (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

ABSTRAKKeterampilan berpikir kritis merupakan modal dasar dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Untuk meningkatkan keterampilan tersebut, salah satu alternatifnya adalah menerapkan strategi pembelajaran SLIM-N-BIL (Spasial-visual, Linguistik-verbal, Interpersonal, Musikal-Ritmik, Naturalis, Badan-kinestetik, Intrapersonal, dan Logis-matematis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis matematik siswa setelah memperoleh strategi pembelajaran SLIM-N-BIL. Untuk mengarah kepada tujuan tersebut, maka penelitian ini menelaah keterampilan berpikir kritis matematik siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran SLIM-N-BIL pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Tulus Kartika Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, tes formatif dan tes akhir untuk mengukur keterampilan berpikir kritis matematik siswa. Hasil penelitian ini keterampilan berpikir kritis matematik siswa pada setiap siklus berkategori baik, dan ketuntasan belajar klasikal siswa berkategori baik.Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, strategi pembelajaran SLIM-N-BIL.ABSTRACTCritical thinking skills are the basic capital in making decisions and problemsolving. To improve these skills, one alternative is to implement SLIM-N-BIL learning strategies (Spatial-visual, Linguistic-verbal, Interpersonal, Musical-Rhythmic, Naturalist, Body-kinesthetic, Intrapersonal, and Logical-Mathematical). This study aims to determine the students' critical mathematical thinking skills after obtaining the SLIM-N-BIL learning strategy. Leading to this goal, this study examines students' critical mathematical thinking skills using the SLIM-N-BIL learning strategy in each cycle. This research was conducted with classroom action research methods with research subjects of fifth grade students of SD Tulus Kartika Bandung with a total of 20 students. The instruments were usedare student activity observation sheets, formative tests and final tests to measure students' critical thinking skills. The results of this study are the mathematical critical thinking skills of students in each cycle are good, and the completeness of learning classical students is good categorize.Keywords: critical thinking skills, SLIM-N-BIL learning strategies.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

th

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the ...