Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VIII SMP Widya Bhakti Ruteng yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posstest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Widya Bhakti Ruteng yang berjumlah 95 orang dan tersebar dalam 3 kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes yang berbentuk uraian dan dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai yaitu dengan taraf signifikasn 5%. Dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTl) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan pendekatan Konvensional.
Copyrights © 2018