JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Vol 1, No 1 (2017): JIPPSD

PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Nasrul Nasrul (PGSD FIP UNP, Kota Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta bahwa aktivitas dan pencapaian siswa pada ilmu-ilmu sosial yang masih rendah. Fakta ini disebabkan oleh, misalnya, penggunaan metode pengajaran yang konvensional oleh guru. Melalui tindakan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif jenis STAD, ingin posisi siswa di tengah panggung. Hal ini disebut sebagai siswa pusat pembelajaran. Tujuan dari studi adalah untuk menggambarkan peningkatan kegiatan dan prestasi siswa pada ilmu-ilmu sosial yang menggunakan pembelajaran kooperatif jenis STAD. Hasil analisa data menunjukkan bahwa, sebagai hasil penelitian, ada kegiatan peningkatan dari 52,8% (siklus pertama) ke dalam 82% (kedua siklus) di sisi guru. Angirovement dibuat dari 68% (siklus saya) ke 93% (siklus II), di samping siswa, peningkatan dari 61% (siklus saya) menjadi 86% (siklus II). Peningkatan prestasi dibuat dari 67,57% (siklus saya) into74, 5% (siklus II). Dapat disimpulkan bahwa belajar ilmu-ilmu sosial melalui pembelajaran kooperatif jenis STAD bisa meningkatkan siswa aktivitas dan prestasi di kelas tiga SD N 16 Tanjung Aur, Padang.Kata kunci: Aktivitas pembelajaran kooperatif, STAD USAGE OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TO INCREASE ACTIVITY AND STUDENT LEARNING RESULTS OF IPS LEARNING IN CLASS III ELEMENTARY SCHOOL AbstractThis research was conducted based on the faet that the students’ activity and achievement on social studies were still low. The faet was caused by, for example, the use of conventional teaching method by the teacher.Through action  research of using cooperative learning model of STAD type, the asited wanted to position the students in the center stage. It’s called as students center learning. The purpose of the study was to describe the improvement of the students’ activity and achievement on social studies using cooperative learning of STAD type. The Result of data analysis showed that, as the research result, there was activity improvement from 52,8% (first cycle) into 82% (second cycle) on the side of teacher. The angirovement was from 68% (Cycle I) into 93% (cycle II), on the side of students, the improvement was from 61%(cycle I) into 86% (cycle II). The achievement improvement was from  67,57% (cycle I) into74,5% (cyle II). It can be concluded that the learning of social studies through the use of cooperative learning of  STAD type could improve the students’ activity and achievement at third SD N 16 Tanjung Aur, Padang.Keywords: Cooperative Learning, STAD, Activity

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jippsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD) merupakan wahana publikasi hasil penelitian dan kajian ilmiah dosen, praktisi, pakar pendidikan, dan artikel tesis serta disertasi mahasiswa yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kemajuan dan inovasi pendidikan dan pembelajaran ...