JURNAL MAKRO MANAJEMEN
Vol 1, No 19 (2015): MAKRO : Edisi Mei 2015

PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Rika - Syahadatina (Universitas Madura)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh earning manajemen terhadap nilai perusahaan, obyek dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia untuk periode tahun 2012 sampai 2014.datayang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari perusahaan manufaktur yang menjadi sampel untuk periode 2012-2014. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa earnings management berpengaruh secara positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini dapat dilihat pada tabel 8 diperoleh bahwa koefisien earnings management sebesar 0,070 dengan nilai t sebesar 2,923 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,043. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa earnings management berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa tindakan earnings management yang dilakukan oleh manajer dapat berdampak pada kelangsungan hidup perusahaan. Dimana investor akan memberikan reaksi yang kurang menguntungkan yang nantinya akan berdampak pada penurunan nilai perusahaan yang tercermin dalam harga saham perusahaan.

Copyrights © 2015