MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2018): Vol.1 No.1 Maret 2018

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) SETTING KOOPERATIF

Firdaus, Andi Mulawakkan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan  pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan metode Question Student Have (QSH) pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bulukumba Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengacu pada tiga kriteria keefektifan pembelajaran yaitu tercapainya ketuntasan belajar dan peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, dan respon positif siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan metode Question Student Have (QSH). Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design yakni diberi pretest sebelum perlakuan dan diberi posttest setalah diberikan perlakuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA SMPN 1 Bulukumba sebanyak 29 orang sebagai kelas uji coba untuk diterapkan metode Question Student Have (QSH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Question Student Have (QSH) Setting Kooperatif efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bulukumba.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

majamath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memuat kajian-kajian ilmiah tentang matematika dan pendidikan matematika antara lain pembelajaran matematika, matematika terapan , teknologi pembelajaran dan matematika murni, dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian ...