Jurnal Al-Amwal
Vol. 2 No. 1 (2019): Jurnal Al Amwal (Hukum Ekonomi Syariah)

PENGARUH PENERAPAN HUKUM ISLAM TERHADAP MINAT PENGGUNA JASA PEGADAIAN SYARIAH: (Studi Kasus Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pegadaian Syariah Bogor Baru Kota Bogor)

Mauludi, Muhammad Hafiz (Unknown)
Nawawi, M Kholil (Unknown)
Hamdani, Ikhwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

Islam merupakan suatu sistem dan jalan hidup yang utuh dan terpadu, Islam memberikan panduan yang dinamis terhadap semua aspek kehidupan termasuk sektor bisnis dan transaksi keuangan. Hal ini terlihat dengan menggunakan prinsip syariah, karena diharapkan dengan menggunakan prinsip syariah Islam dapat memberikan mashlahat bagi umat manusia. Dan Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh faktor penerapan Hukum islam pada PT. Pegadaian Syariah terhadap minat Pengguna jasa Pegadaian dalam menggunakan jasa Pegadaian Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan angket dengan metode angket pada nasabah Pegadaian cabang Pegadaian Syariah Bogor Baru Kota Bogor sebanyak 50 Responden. Data di analisis dengan regresi linier sederhana dan di olah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 2.2. Hasil penelitian ini adalah bahwa ternyata penerapan hukum islam pada Pegadaian Syariah berpengaruh terhadap minat masyarakat pengguna jasa Pegadaian.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Alamwal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Al Amwal adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan secara cetak dan online (P-ISSN 2622-3864; E-ISSN 2655-2426). Jurnal Al Amwal bersifat "open acces journal" yang di kelola oleh Program Studi Hukum Ekonomi Syariah STAI Bhakti Persada Bandung. Adapun peran Jurnal Al Amwal adalah sebagai ...