Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science)
Vol 3, No 1: Maret 2015

EFEKTIFITAS REFLECTIVE LEARNING PADA SIKAP PROFESIONAL MAHASISWA KEBIDANAN

Andina Vita Sutanto (Unknown)
Mohammad Hakimi (Unknown)
Mubasysyir Hasanbasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2018

Abstract

Latar Belakang: Institusi pendidikan kebidanan memiliki peranan yang penting dalam mencetak tenaga bidan yang profesional dan berkualitas. Untuk dapat menghasilkan tenaga bidan yang profesional sesuai dengan yang diharapkan, maka dibutuhkan model pembelajaran yang efektif dan inovatif. Salah satu model pembelajaran yang telah banyak diteliti efektif dalam meningkatkan kompetensi idividu mahasiswa maupun profesi termasuk profesi kebidanan adalah reflective learning. Pembelajaran menggunakan model reflective learning dinilai efektif.Tujuan: Untuk mengetahui kegiatan reflective learning pada mahasiswa Akademi Kebidanan Yogyakarta.Metode: Jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Tempat penelitian dilaksanakan di Akademi Kebidanan Yogyakarta. Sampel penelitian mahasiswa tingkat I, II, dan III. Pengambilan sampel meng- gunakan minimal sample size. Variabel penelitian yaitu: variabel independen adalah reflective learning. Variabel dependen adalah sikap profesional mahasiswa kebidanan.Hasil: Terdapat hubungan yang bermakna secara statistik (p<0.05) antara variabel bebas (reflective learning) de- ngan variabel terikat (sikap profesional) dengan perbandingan prevalensi 2,13 95% CI (1,62-2,78)Simpulan: Mahasiswa yang melakukan reflective learning secara baik akan berpeluang untuk melakukan sikapprofesional yang baik dibandingkan dengan mahasiswa yng melakukan reflective learning yang tidak baik.ABSTRACTBackground: Midwifery educational institutions have an important role in the scoring power of professional and qualified midwives. To be able to produce a professional midwife as expected, then it takes a model of effective and innovative learning.Objective: To know the effectiveess of reflective learning on Student Academy Midwifery Yogyakarta.Method: This type of research survey with descriptive study. The research at Academy of Midwifery in Yogyakarta. Sample student research level I, II, and III. Sampling using a minimum sample size. Variable independent vari- able research, namely is the reflective learning. The dependent variable is the attitude of professional midwifery students.Result: The result showed statistical significance (P <0.05) between the independent variable (reflective learning)with the dependent variable (professional attitude) with a prevalence ratio 2.13 95% CI (1.62 to 2.78).Conclusion: Students who did reflective learning finely will have a chance to do a good professional attitude.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Focus and Scope Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science) Pregnancy Labor Post Partum Pathology Midwifery community Family planning Reproduction health. ...