Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

MODEL FAKTOR-FAKTOR PENENTU MELALUI KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA ANGKUTAN OJEK ON-LINE TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT KOTA PALEMBANG

Reina Damayanti (Universitas PGRI Palembang)
Oktariansyah - (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model faktor-faktor keputusan menggunakan jasa angkutan ojek online masyarakat kota Palembang. Variabel indenpenden yaitu fasilitas, keamanan angkutan, keramahan petugas, ketepatan waktu, tarif, image, kenyamanan,  variabel perantara yaitu faktor keputusan konsumen  dan variabel dependen (Y), yaitu kecepatan pelayanan,keramahan karyawan, pengetahuan karyawan, jumlah pelayanan, tampilan formalitas yaitu kepuasan masyarakat dalam penelitian ini penulis menggunakan  analisis amos path (jalur)Tujuan yang dicapai membantu konsumen/penumpang mendapatkan informasi sebuah layanan ojek online yang memungkinkan calon penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek dengan mudah dan cepat. Calon penumpang cukup memesan ojek dari sebuah aplikasi di smartphone, dan ojek akan datang menjemput.kehadiran ojek online ini tentu memicu reaksi dari berbagai lapisan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan layanan ojek.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini analisis  jalur (path analisis ) Amos ialah  suatu  teknik  untuk  menganalisis  hubungan  sebab akibat dengan menggunakan analisis path Amos (analisis jalur). Jika variabel-variabel bebasnya mempengaruhi   variabel terikat secara langsung akan tetapi juga berpengaruh secara tidak langsung dalam penelitian ini menggunakan variabel intervening (perantara).Temuan Pengaruh faktor penentu  melalui faktor keputusan terhadap kepuasan masyarakat kota palembang. hasil pengujiannya menunjukan faktor Penentu berpengaruh signifikan terhadap faktor keputusan dan  faktor keputusan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat, dengan pengaruh tidak langsung, pengaruh langsung antara faktor penentu terhadap kepuasan masyarakat  sedangkan faktor penentu melalui faktor keputusan terhadap kepuasan masyarakat kota  Palembang. Dari hasil perhitungan diatas menunjukan bahwa faktor penentu melalui faktor keputusan terhadap  kepuasan  masyarakat kota Palembang lebih besar dibandingkan pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat.  Dapat disimpulkan bahwa faktor keputusan  merupakan variabel (intervening atau itermediary),Keterbatasan penelitian yaitu penelitian ini dilakukan dikota-kota besar saja yaitu hanya masyarakat kota Palembang, untuk referensi penelitian lanjutan dilakukan beberapa bagian daerah atau kabupaten serta daerah lain yang akan direncanakan sebagai alat jasa angkut online daerah kabupaten lainnya.Originality dalam penelitian ini adalah Ojek banyak digunakan oleh penduduk di kota-kota besar karena kelebihannya dengan angkutan lain, yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota dan menjadi alternatif pilihan utama jasa angkut online, Selain itu dapat menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil. PT. Gojek Indonesia sendiri yang bergerak di bidang jasa angkut online ini menimbulkan persaingan antar perusahaan jasa angkutan umum,  Go-jek online hasil buah karya anak bangsa dibidang angkutan umum berbasis teknologi  dibawah naungan PT. Gojek Indonesia.Kata Kunci : Faktor Penentu, Faktor Keputusan Pembelian, Kepuasan Masyarakat

Copyrights © 2018