Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Vol 8, No 1 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi

IMPLEMENTASI RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DALAM MEMBANGUN APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM (STUDI KASUS KOPERASI SUBUR JAYA MANDIRI KABUPATEN SUBANG)

Muhamad Tabrani (STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA)
Ishak Kholil (STMIK Nusa Mandiri)
Ahmad Sinnun (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2019

Abstract

Koperasi merupakan badan usaha yang didirikan oleh perseorangan atau badan hukum koperasi. Koperasi saat ini banyak diminati oleh masyarakat umum karena banyak manfaatnya yang dapat membantu perekonomian dari para anggotanya. Koperasi Subur Jaya Mandiri Ciasem Subang dalam melaksanakan pendataannya masih dicatat menggunakan buku besar sehingga masih terdapat data-data yang belum dimasukkan maupun hilang dan koperasi ini tidak memiliki kartu anggota sehingga ketika anggota koperasi ini hendak menyimpan dan meminjam, pengurus koperasi harus mengecek terlebih dahulu data anggota di buku pendaftaran anggota. Mengatasi masalah tersebut diperlukannya aplikasi penunjang koperasi, supaya memudahkkan dan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam pendataan anggota, transaksi simpan pinjam, dan pelaporan. Aplikasi simpan pinjam mempunyai fasilitas pengolahan data meliputi anggota, user pegawai, transaksi pengembalian, transaksi pinjaman, transaksi angsuran, dan laporan kegiatan transaksi. Aplikasi simpan pinjam ini digunakan dalam kegiatan operasional koperasi sehingga lebih efektif dan optimal dalam pengelolaan koperasi Subur Jaya Mandiri.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

stmsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Sistemasi adalah nama terbitan jurnal ilmiah dalam bidang ilmu sains komputer program studi Sistem Informasi Universitas Islam Indragiri, Tembilahan Riau. Jurnal Sistemasi Terbit 3x setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September,Focus dan Scope Umum dari Sistemasi yaitu Bidang Sistem Informasi, ...