JIMKesmas (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat)
Vol 3, No 3 (2018): JIMKesmas (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat)

EFEKTIVITAS LILIN AROMATIK DARI EKSTRAK KULIT JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) SEBAGAI INSEKTISIDA ALAMI TERHADAP LALAT RUMAH (Musca domestica)

Rahmawati, Sri (Unknown)
Karimuna, Siti Rabbani (Unknown)
Yasnani, Yasnani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2019

Abstract

Salah satu upaya pengendalian vektor Musca domestica adalah dengan menggunakan insektisida alami yanglebih ramah lingkungan. Penelitian ini mencoba memberikan inovasi pada lilin aromatik untuk mengurangikepadatan lalat, yaitu dengan menambahkan minyak atsiri dari ekstrak kulit jeruk nipis. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efektivitas lilin aromatik dari ekstrak kulit jeruk nipis (Citrus aurantifolia) sebagai insektisida alamiterhadap lalat rumah (Musca domestica). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni (trueexperiment) dengan desain post test only control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah lalat rumah(Musca domestica) sebanyak 15 ekor pada masing-masing 5 unit perlakuan dan 2 kontrol dengan 4 kalipengulangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi 0%, 0%, 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50% lilinaromatik dari ekstrak kulit jeruk nipis menyebabkan kematian berturut-turut 0%, 33%, 72%, 75%, 82%, 85%, dan85%. Berdasarkan uji probit nilai LC50 adalah 10,74%. Hasil uji one way anova menunjukan bahwa nilai p < 0,05yang berarti lilin aromatik dari ekstrak kulit jeruk nipis efektif sebagai insektisida alami terhadap lalat rumah (Muscadomestica) karena terdapat perbedaan bermakna pada jumlah lalat yang mati.Kata Kunci: Musca domestica, Lilin Aromatik, Insektisida Alami, Kulit Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIMKESMAS

Publisher

Subject

Public Health

Description

FKM UHO dari berbagai disiplin ilmu kesmas, diantaranya epidemiologi, administrasi kebijakan kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, promosi kesehatan, kesehatan reproduksi, biostatistika, dan ...