Jurnal Teknik Elektro
Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Teknik Elektro

Peningkatan Mutu Pembelajaran Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMKN 2 Salatiga dengan Memanfaatkan Multimedia Komputer

Purwanti, Dwi (Unknown)
Yunianto, Yunianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2015

Abstract

Abstrak— Latar belakang penelitian ini adalah data hasil pengamatan dari Guru pengampu mata pelajaranElektronika Dasar di SMKN 2 Salatiga selama 2 tahun berturut turut menunjukkan bahwa dari rata-rata 32siswa tiap kelas X di Program Keahlian Teknik Audio Video hanya 10 % yang memperoleh nilai diatas 8..Untuk memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi ajar yang kadang abstrak sepertielektronika, guru dapat mensiasati menggunakan media pembelajaran yang bisa mengatasi permasalahankekurangpahaman siswa dan sekaligus guru pun tidak terlalu sulit menjelaskannya serta menghemat alatdan bahan praktik. Salah satu alternatif pemecahan masalah ini adalah dengan memanfaatkan multimediakomputer. Masalah yang timbul adalah bagaimana mengembangkan pembelajaran mata pelajaranElektronika Dasar dengan memanfaatkan multimedia komputer dan apakah implementasi pemanfaatanmultimedia komputer pada mata pelajaran Elektronika Dasar ini dapat meningkatkan kualitas prosespembelajaran dan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan TEI C SMK Negeri 2Salatiga sejumlah 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakankelas ( action research class ) yang dirancang melalui dua siklus. Adapun prosedur tiap-tiap siklus terdiridari : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Jenis data yangdikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan dengan teknik FGD, observasi,wawancara mendalam, dan pengukuran hasil belajar melalui tes. Data kualitatif yang terkumpul dianalisisberdasarkan: reduksi data, penyajian, penarikan simpulan dan verifikasi secara simultan. Sedangkan datakuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan : Prestasi belajar siswacenderung meningkat dari nilai rata-rata yang semula 5,58 pada siklus I meningkat menjadi 6,70 padasiklus II. Sementara faktor aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi kriteria sangat baiksebesar 75%. Hasil yang sangat memuaskan diperoleh dari kinerja guru mencapai skor sangat baik 90,45%pada siklus II dari yang semula 76,19% pada siklus I. Dari analisis data diperoleh simpulan : 1) Terjadipeningkatan hasil prestasi belajar siswa setelah diberi pembelajaran berbasis multimedia 2) Aktivitas siswadalam pembelajaran mengalami peningkatan yang sangat drastis untuk kategori baik dari 37,5% meningkatmenjadi 75%. 3) Kinerja guru sangat baik pada siklus II yaitu mencapai skor 90,45% dari yang semula sangatbaik 76,19% pada siklus I. Keywords— Mutu pembelajaran, kualitas proses, hasil belajar, elektronika dasar, multimedia komputer

Copyrights © 2013