JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 4 No 2 (2018): Edisi Vol. 4 No. 2 November

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran matriks transformasi siswa kelas XI

Rohmad Junia Sandy (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2019

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah masuk ke dunia pendidikan. Salah satu dampaknya yaitu media berbasis multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia dalam pembelajaran matriks transformasi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Setelah dilakukan pengembangan kemudian di uji kevalidan dan kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran serta siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Terdapat 6 tahap yang harus dilalui, diantaranya tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap verifikasi, tahap validasi, dan tahap akhir dengan nama TaGeo. Diperoleh bahwa media yang dikembangkan tersebut layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika dengan materi Transformasi berdasarkan validasi oleh para ahli dan respon siswa. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan media yang dikembangkan sangat vali dengan skor rata-rata 3,53. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan media yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata 3,49. Hasil validasi oleh praktisi pembelajaran menunjukkan media yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata 3,44. Dan hasil respon siswa meunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dengan skor rata-rata 3,41.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...