Jurnal AUDI
Vol 3, No 2 (2018): Jurnal AUDI :December 2018, 8 Articles, Pages 70 -134

KREATIVITAS PENDIDIK DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN PADA PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM PAUD 2013

Setiawan, M. Hery Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kreativitas pendidik  pada pembelajaran saintifik sesuai kurikulum PAUD  2013 di Lembaga PAUD. Melihat bagaimana pendidik dalam mengelola kelas dan bagaimana implementasi kurikulum 2013 di  di Dabin III Gagak Sipat Boyolali. Penelitian ini merupakan  Study Kasus, mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Pendidik di TK Gagak Sipat Boyolali, Data diambil berdasarkan Sampel di Dabin III Gagak Sipat Boyolali. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan pada saat pelaksanaan pembelajaran. Keabsahan data mengunakan triangulasi teori, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan pembahasan untuk mendapatkan gambaran mengenai peranan implementasi pembelajaran saintifik di kurikulum PAUD 2013. Prosedur penelitian meliputi tahap pralapangan, tahapan pekerjaan lapangan, tahapan analisis dan interpretasi data. Luaran dari penelitian ini adalah  rekomendasi mengenai pendekatan saintifik dalam impelemntasi kurikulum 2013 disamping  Artikel sebagai pertanggunganjawab hasil penelitian yang siap dimuat di jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukan kreativitas guru dalam pembelajaran saintifik implementasi kurikulum 2013 di Lembaga TK Dabin III Gagak Sipat Boyolali. Kreativitas guru dalam pembelajaran dalam kategori sedang maka direkomendasikan untuk ditingkatkan karena terbukti dengan kreativitas guru dapat mempengaruhi aspek perkembangan anak.

Copyrights © 2018