InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)
Vol 3, No 2 (2019): InfoTekJar Maret

Kombinasi Simple Multy Attribute Rating (SMART) dan Technique For Order Preference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) dalam Menentukan Kualitas Varietas Padi

Fatma Sari Hutagalung (Program Studi Magister Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)
Herman Mawengkang (Program Studi Magister Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)
Syahril Efendi (Program Studi Magister Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2019

Abstract

Pemilihan kualitas varietas padi dipengaruhi oleh beberapa kriteria. Kriteria yang paling mempengaruhi adalah umur tanaman dan rata-rata hasil. Untuk menentukan kualitas varietas padi  sangat tepat diterapakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam proses pemberian solusi atau alternatif terbaik. Dalam SPK hasil yang ditampilkan berupa bentuk peringkat. Banyak metode SPK yang dapat digunakan untuk menentukan suatu keputusan dalam suatu permasalahan multicriteria atau banyak kriteria, dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode SMART dan TOPSIS. Kedua metode ini akan dikombinasikan sehingga menghasilkan alternatif terbaik untuk menentukan kualitas varietas padi. Penelitian ini dilakukan dengan mencari nilai normalisasi matriks untuk setiap kriteria menggunakan metode SMART kemudian dilanjutkan menggunakan metode TOPSIS untuk mencari hasil  perangkingan kualitas varietas padi. Dalam penelitian ini menggunakan 18 jenis varietas padi dan 5 kriteria yang paling memperngaruhi kualitas varietas padi. Dalam setiap kriteria memiliki boobt yang menggambarkan seberapa penting kriteria tersebut dibandingkan dengan kriteria yang lain. Pembobotan ini digunakan untuk menilai setiap altenatif agar memperoleh alternatif terbaik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

infotekjar

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi teknik informatika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu dibidang Informatika dan Teknologi jaringan, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu ...