Journal of Education Action Research
Vol 3, No 1 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Pemahaman dan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia

Muliartini, Ni Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia kelas XI A 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek yang dijadikan sumber data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI A 3 SMK Negeri 2 Singarja dengan jumlah siswa 36 orang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitiannya adalah pemahaman dan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia pada materi menyiapkan dan membuat hidangan nasi dan mie dengan menggunakan model tutor sebaya. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan data pemahaman belajar siswa menggunakan tes. Apabila data sudah terkumpul, dilanjutkan ke tahap analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman dan aktivitas belajar siswa kelas XI A 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 secara efektif dapat ditingkatkan setelah diterapkannya model pembelajaran tutor sebaya

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...