Journal of Education Action Research
Vol 3, No 1 (2019)

Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tata Hidang

Laksemiwati, Ni Luh Astrini (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar tata hidang melalui implementasi model pembelajaran Tutor Sebaya pada siswa Kelas XI A5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa XI A5 SMK Negeri 2 Singarja dengan jumlah siswa 41 orang yang terdiri dari 23 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan, sedangkan objek penelitian ini pada mata pelajaran tata hidang adalah materi tata cara pelayanan makanan dan minuman di restoran menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah dipersiapkan, sedangkan data hasilĀ  belajar siswa dikumpulkan dengan pemberian tes esai kepada siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model Tutor Sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tata Hidang siswa kelas XI A5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...