Journal of Education Action Research
Vol 3, No 1 (2019)

Meningkatkan Kinerja Guru dalam Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Kolegial

Wibawa, I Made Darwis (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kinerja guru dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) supervisi kolegial di SMK Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah tergolong penelitian tindakan sekolah. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subyek penelitian adalah siswa seluruh guru yang tergolong guru tetap dan guru tidak tetap yang berjumlah 80 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Terjadi peningkatan kinerja guru setelah diberi pembinaan melalui supervisi kolegial yaitu dari 60,3% menjadi 64,6% ada kenaikan sebesar = 4,3% Dari sebelum pembinaan (siklus 1) dan setelah pembinaan oleh kepala sekolah sampai dengan  (siklus 3) ; 60,3% menjadi  64,6%, dan dari  (siklus 2) ke (siklus 3) juga ada peningkatan  sebanyak 82,2% - 64,6% = 17,6%. Rata-rata peningkatan kinerja guru dalam penyusunan silabus dan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP)  sebelum diberi pembinaan  naik dari 39,08%  menjadi  100%. Dari analisis data di atas bahwa pembinaan kepala sekolah melalui supervisi kolegial terbukti efektif diterapkan dalam meningkatkan kinerja guru melalui supervisi kolegial secara berkelanjutan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...