Journal of Natural Science and Integration
Vol 1, No 2 (2018): JNSI

Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Kelompok Sindikat (Syndicate Group) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak

Sunarti Sunarti (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode kelompok sindikat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode kelompok sindikat pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Objek dalam penelitian adalah peningkatan aktivitas belajar siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum penerapan metode adalah 41,07% dengan kategori gagal. Setelah menerapkan metode kelompok sindikat pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 58,42% dengan kategori kurang. Pada siklus II, meningkatkan aktivitas belajar siswa menjadi 77,81%. Dapat disimpulkan bahwa, melalui metode kelompok sindikat kegiatan belajar siswa dapat meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JNSI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education

Description

Journal of Natural Science and Integration (JNSI) contains publications of research and review literature in the field of science learning such as chemistry learning, physics learning, biology learning, natural science learning and science integration as a form of intellectual property. It is ...