AdBispreneur
Vol 3, No 3 (2018): AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausa

MODEL MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI PADA PROGRAM STUDI DI LUAR KAWASAN UTAMA (PSDKU) DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA. (Studi Kasus di PSDKU Unpad Pangandaran Jawa Barat)

Iwan Sukoco (Unknown)
Dian Fordian (Unknown)
Rusdin . (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2019

Abstract

 This study aims to create a management model of higher education Study Programs outside the University Area (PSDKU) Unpad Pangandaran. The method used is a qualitative method, with the type of descriptive research, data is collected by documentation studies, in-depth interviews, participant observation and surveys. The main informants in this study were managers, lecturers, and students. The survey was conducted on 35 students accidentally to determine the level of student satisfaction. The results indicate that the management unit acts as a support team that facilitates the needs and interests of stakeholders for the smoothness and success of Unpad PSDKU in Pangandaran. satisfied category. Recommendations given that Unpad Pangandaran PSDKU should be managed with a special university management, namely by providing management autonomy in the financial field. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model manajemen perguruan tinggi Program Studi di luar Kawasan Utama (PSDKU)  Unpad Pangandaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi, wawancara mendalam, observasi partisifan dan survey. Informan utama dalam penelitian ini adalah  pengelola, dosen, dan mahasiswa. Survey dilakukan kepada 35 orang mahasiswa secara aksidental untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa unit pengelola bertindak sebagai tim pedukung yang memfasilitasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder, ada dinamika yang terus berproses dan berkembang dalam penyelenggaraan PSDKU Unpad di Pangandaran, dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap PSDKU Unpad di Pangandaran berada dalam kategori puas. Rekomendasi yang diberikan bahwa PSDKU Unpad Pangandaran seharusnya dikelola dengan manajemen perguruan tinggi yang khusus, yaitu dengan memberikan otonomi pengelolaan dalam bidang keuangan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

adbispreneur

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal AdBispreneur adalah jurnal ilmiah di bidang administrasi bisnis dan kewirausahaan yang terbit tiga kali setahun. Diterbitkan oleh Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Berisi tulisan hasil pemikiran dan penelitian di bidang ...