Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol 1, No 1 (2014): JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Digitalisasi perangkat pembelajaran mata kuliah pengukuran teknik dengan pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together)

Imam Syofii (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah expostfacto, yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pembelajaran pengukuran teknik melalui pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), diterapkan pada mahasiswa pendidikan teknik mesin semester IV TA 2011/2012. Hasil penelitian didapat bahwapengembangan digitalisasi perangkat pembelajaran pengukuran teknik dengan pendekatan kooperatif tipe  NHTpada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Semester IV TA 2011/2012 dinyatakan valid dapat digunakan untuk pembelajaran sehingga hasil belajar mahasiswa melampaui kriteria ketuntasan minimal. Rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 77,33 dinyatakan berbeda secara signifikan dengan kriteria ketuntasan minimal sebesar 70, dengan nilai thitung = 3,910 > ttabel,α=5% =1,66. Sedangkan hasil rata-rata aktivitas mahasiswa menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 80,750% termasuk dalam kriteria 70% ≤ RS < 85% = aktif dan hasil rata-rata aktivitas mahasiswa berlatih soal sebesar 83% termasuk dalam kriteria 85% ≤ RS = sangat aktif.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ptm

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK MESIN: Kajian Teori dan Praktik Pembelajaran Teknik Mesin, merupakan Berkala yang terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis-kritis di bidang pembelajaran teknik ...