JPM : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Matematika (JPM)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-CONCEPT SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E PADA MATERI GARIS KELAS VII SMP NEGERI 1 DAU MALANG

Nur Hasanah (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self-concept positif dan negatif yang diajar dengan model learning cycle 7E. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kombinasi. Penelitian dilakukan malalui dua tahap penelitian, tahap pertama dengan metode kuantitatif dan tahap kedua dengan metode kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data kuantitatif menggunakan teknik tes dan kuesioner dengan instrumen tes uraian kemampuan representasi matematis dan angket self-concept. Teknik pengumpulan data kualitatif menggunakan observasi dan wawancara. Hasil uji t dua pihak pada data kemampuan representasi matematis siswa dengan self-concept positif dan negatif berturut diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,009 danĀ  Sig. (2-tailed) = 0,06 lebih besar dari 0,05 sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat perbedaan kemampuan reprsentasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk siswa dengan self-concept positif dan negatif. Hasil analisis data kualitatif diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan self-concept positif dan negatif kelas eksperimen termasuk dalam kategori cukup baik. Kemampuan representasi matematis siswa dengan self-concept positif kelas kontrol termasuk dalam kategori baik. Kemampuan representasi matematis siswa dengan self-concept negatif kelas kontrol termasuk dalam kategori kurang baik. Hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan kemampuan representasi matematis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol baik siswa yang memiliki self-concept positif maupun negatif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Journal of Mathematics Education) published by Mathematics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education in Malang Islamic University. Publish twice a year in February and August. Contains writings that are taken from the results of the ...