Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayananyang diberikan aparatur Dinas Tata Kota Bukittinggi terhadap pelayananyang diberikan kepada masyarakat dalam mengurus izin mendirikanbangunan (IMB). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatifdengan menggunakan metode analisis pendekatan secara deskriptif. Metodepengumpulan datanya digunakan data primer dan data sekunder. Adapunteknik pengumpulan data melalui metode obervasi, wawancara, sertadokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan teknik reduksi data,penyajian data dan verifikasi/menarik kessimpulan. Hasil penelitiannyaadalah bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh apartur dinas tata kotaBukittinggi udah mencakup pelayanan prima dan pelayanan sepenuh hati,hanya saja masih terdapat berbagai kekurangan dalam pelayanan misalnyadalam kurangnya sosialisasi Perda 19/2003 tentang IMB. Namun kelemahantersebut tidak dapat dijadikan masalah krusial bagi warga Bukittinggi untukmengurus IMB. Sebab, faktor yang menjadi kendala justru pada keenggananatau kemalasan masyarakat dalam mengurus IMB. Jadi kualitas pelayananaparatur Dinas Tata Kota Bukittinggi sudah baik namun sayangnya masihada sebahagain kecil masyarakat yang belum menyadari pentingnyamengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
Copyrights © 2015