Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya
Jurnal Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

PELAKSANAAN COOPERATIVE LEARNING MODEL PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN ABK BAGI MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PRODI PENDIDIKAN KHUSUS FKIP UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA

JAUHARI, MUHAMMAD NURROHMAN (Unknown)
DEWI, DIAN PUSPA (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2019

Abstract

Universitas PGRI Adibuana Surabaya (Unipa Surabaya) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menjalankan amanat UU Nomor 8 Tahun 2016 pasal 10 ayat a tentang hak penyandang disabilitas untuk mendapat pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Konsekuensinya, Unipa Surabaya berusaha memberikan pelayanan baik akademik dan non akademik kepada mahasiswa berkebutuhan khusus, termasuk di Prodi Pendidikan Khusus terdapat 2 mahasiswa dengan gangguan penglihatan dan 1 mahasiswa dengan gangguan fisik (handfoot). Pemberian layanan tersebut, dicerminkan dalam pembelajaran pada mata kuliah media pembelajaran ABK dengan menerapkan cooperative learning model. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kulaitatif deskripstif, dimana peneliti berusaha mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan cooperative learning model dalam pembelajaran mata kuliah media pembelajaran ABK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan cooperative learning modeldapat berjalan dengan baik, terbukti mahasiswa berkebutuhan khusus terlibat secara aktif dalam pembelajaran, selain itu teman sebaya juga turut membantu mereka selama pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal_buana_pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun bulan Februari dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tulisan yang dimuat dapat berupa analisis, kajian pustaka, atau hasil ...