JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika)
Vol 2, No 2 (2018): October

Analisis Kesalahan Penulisan Algoritma Pemrograman Delphi Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Mataram

Rina Mariana (Universitas Islam Negeri Mataram)
Muh Fauzi (STMIK Bumigora Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Riwayat Artikel:Diterima: 08-07-2018Disetujui: 20-10-2018 Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Mataram yang bertujuan untuk menganalisis bentuk kesalahan yang sering dilakukan oleh mahasiswa dalam menyusun scribs komputasi pada praktikum Delphi. Tim peneliti menggunakan purposive sampling, dengan sampel penelitian berjumlah 139 mahasiswa. Metode pengumpulan data terdiri dari metode observasi, interview, dan dokumentasi.  Kemudian data yang terkumpul dianalisa menggunakan analisa data model Spradley yang terdiri dari: Analisis Doamin, Taksonomi, Komponensial, dan Tema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai macam bentuk kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa yakni (1) tidak mendeklarasikan (mendefinisikan) variabel yang digunakan dalam rumus atau instruksi; (2) Kesalahan penulisan pada tanda baca, seperti tanda baca titik , koma, titik dua, titik koma, tanda kurung, dan sama dengan; (3) kesalahan penulisan pada huruf  khususnya pada konversi data; dan (4) kesalahan dalam mengkhiri instruksi pemrograman.Abstract:  This research is a qualitative research with the object of research is the Mathematics Education Department of UIN Mataram students whose purpose is to analyze the forms of errors that are often carried out by students in compiling computational scribs in the Delphi practicum. The research team used purposive sampling, with a sample of 139 students. The method of data collection consists of methods of observation, interviews, and documentation. Then the collected data was analyzed using Spradley model data analysis which consisted of: Domain Analysis, Taxonomy, Componential, and Themes. The results showed that various forms of errors made by students namely (1) did not declare (define) variables used in formulas or instructions; (2) Writing errors in punctuation marks, such as punctuation marks, commas, colons, semicolons, parentheses, and are equal to; (3) writing errors in letters especially in data conversion; and (4) errors in terminating programming instructions.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtam

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM) dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram dengan ISSN (Cetak) 2597-7512 dan ISSN (Online) 2614-1175. Tim Redaksi menerima hasil penelitian, pemikiran, dan kajian tentang (1) Pengembangan metode atau model ...