Jurnal CoreIT
Vol 2, No 2 (2016): Desember 2016

Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Kampar (Model Strategis Ward and Peppard)

Aziz, Abdul (Unknown)
Darmizal, Teddie (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2016

Abstract

Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Kampar sebagai sistem perangkat daerah yang berfungsi dalam Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsinya tidak terlepas dari kinerja bidang-bidang yang memiliki peran dan fungsinya masing-masing yang telah menjadi sebuah mekanisme kerja yang dinamis. Permasalahan yang terjadi di DPPKA Kampar. Pertama, Belum adanya portofolio aplikasi SI untuk mendukung bisnis. Kedua, infrastruktur yang belum memadai. Ketiga, tidak memiliki sub bagian yang mengelola SI/TI. Keempat, sulit menentukan investasi TI yang tepat. Maka diperlukan membuat suatu perencanaan strategis SI dan TI untuk DPPKA Kampar. Perencanaan strategis SI/TI ini dibuat dengan menggunakan framework ward and peppard dengan beberapa metode analisa yaitu analisa value chain, dengan memetakan apa saja aktivitas utama dan pedukng yang ada di DPPKA Kampar dan menganalisa permasalahan setiap aktivitas. Untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman maka digunakan analisa SWOT (Strenght, Weakness, Oppurtunity, Thread). Faktor-faktor yang menjadi keberhasilan dan bisa menyelesaikan masalah dan kebutuhan maka digunakan analisa CSFs (Critical Success Factors). Analisa McFarlan Strategic Grid digunakan untuk memetakan aplikasi yang ada di DPPKA Kampar berdasarkan kategori yaitu support, Key Operational, Strategic dan High Potential. Hasil yang dicapai melalui metode analisa tersebut adalah rekomendasi berupa 20 sistem informasi, 10 teknologi informasi dan 4 manajemen SI dan TI. Sistem informasi dan teknologi informasi tersebut dibuat dalam bentuk roadmap yang akan diterapkan selama 5 tahun kedepan oleh DPPKA Kampar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

coreit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi published by Informatics Engineering Department – Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau with Registration Number: Print ISSN 2460-738X | Online ISSN 2599-3321. This journal is published 2 (two) times a year ...