Jurnal CoreIT
Vol 1, No 2 (2015): Desember 2015

Penerapan Learning Vector Quantization Penentuan Bidang Konsentrasi Tugas Akhir (Studi Kasus: Mahasiswa Teknik Informatika UIN Suska Riau)

Budianita, Elvia (Unknown)
Arni, Ulti Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2015

Abstract

Penentuan bidang konsentrasi studi tugas akhir diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam menentukan bidang tugas akhirnya sesuai dengan pola nilai mata kuliah yang diambilnya. Banyaknya bidang tugas akhir membuat mahasiswa merasa bingung menentukan tema tugas akhirnya. Sehingga banyak mahasiswa menentukan bidang konsentrasi studi tugas akhirnya diluar mata kuliah yang mereka ambil. Jika mahasiswa memilih bidang konsentrasi tugas akhir sesuai mata kuliah yang mereka ambil, maka mahasiswa tersebut dapat dengan cepat menyelesaikan tugas akhirnya tanpa harus mempelajari metode terlebih dahulu. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media yang dapat membantu mahasiswa dalam menentukan bidang tugas akhirnya yang sesuai dengan pola nilai mata kuliah yang diambil. Metode yang digunakan yaitu Metode Learning Vector Quantization (LVQ). LVQ adalah metode jaringan syaraf tiruan yang mempelajari pola nilai dan secara otomatis belajar untuk mengklasifikasikan vektorvektor input. Kelas-kelas yang didapatkan sebagai hasil dari lapisan kompetitif ini tergantung pada jarak antara vector input. Jika dua vektor input mendekati sama, maka lapisan kompetitif akan meletakkan kedua vektor input tersebut kedalam kelas yang sama.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

coreit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi published by Informatics Engineering Department – Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau with Registration Number: Print ISSN 2460-738X | Online ISSN 2599-3321. This journal is published 2 (two) times a year ...