Folium : Jurnal Ilmu Pertanian
Vol 3, No 1 (2019): Folium : Jurnal Ilmu Pertanian

Peran Daun Mimba Sebagai Bahan Aditif Vermikompos Terhadap Intensitas Serangan Hama Ulat Plutella xylostella dan Hasil Tanaman Kubis Krop (Brassica oleraceae var. Capitata L.)

Cicik Fitriyatun Nadhiroh (Fakultas Pertanian UNiversitas Islam Malang)
Mahayu Woro Lestari (Fakultas Pertanian UNiversitas Islam Malang)
N Nurhidayati (Fakultas Pertanian UNiversitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2018

Abstract

Tanaman mimba merupakan tanaman yang mempunyai potensi sebagai pestisida organik. Kandungan senyawa dalam daun mimba yang berperan penting sebagai pembasmi hama adalah senyawa azadirachtin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi vermikompos berbahan aditif daun mimba dan campurannya terhadap intensitas serangan hama ulat Plutella xylostella dan hasil tanaman kubis krop dan untuk mengetahui pengaruh intensitas serangan hama ulat Plutella xylostella terhadap hasil tanaman kubis krop. Rancangan yang digunakan adalah RAK sederhana dengan 10 perlakuan 3 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan P5 (Vermikompos berbahan aditif campuran daun mimba + daun papaya dengan cara dibenamkan dalam tanah dengan dosis 100 g/polibag dan disemprotkan ke tanaman dengan dosis 100 g/polybag) cenderung memberikan hasil panjang tanaman yang tertinggi dan P7 (Vermikompos berbahan aditif campuran daun mimba + daun paitan dengan cara dibenamkan dalam tanah dengan dosis 100 g/polibag dan disemprotkan ke tanaman dengan dosis 100 g/polibag) cenderung memberikan jumlah daun tertinggi,intensitas serangan hama terendah, bobot segar total biomassa, bobot kering total biomassa dan bobot bernilai ekonomis tertinggi dibanding dengan P0 (Tanpa aplikasi vermikompos).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

faperta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Folium Jurnal Ilmu Pertanian, merupakan media untuk publikasi tulisan asli yang berkaitan dengan ilmu pemuliaan, agroekologi, tanah, fisiologi, bioteknologi, hama dan penyakit, hortikultura dan tanaman pangan yang ditulis dalam Bahasa Indonesia. Naskah berupa: hasil-hasil penelitian mutakhir (paling ...