Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education
Vol 1, No 2 (2018): November

PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN BALOK TERHADAP KECERDASAN KOGNITIF ANAK

R. Wardathi Khuzaifah Risman (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Zulkifli Zulkifli (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2019

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap kecerdasan kognitif anak yang belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penerapan metode bermain balok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak kelompok B di RA Taskim 1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya pengaruh penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 29 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Hipotesis penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan antara penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung= 46,819 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode bermain balok dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan metode bermain balok sebelum dan sesudah terhadap kecerdasan kognitif anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penerapan metode bermain balok terhadap kecerdasan kognitif anak kelompok B di RA Taskim 1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru sebesar 88,78%. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

KINDERGARTEN

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan November, memuat artikel hasil Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia ...