AL-FANAR: JURNAL ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR
Vol 2 No 1 (2019): Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

Dinamika Tes Peringkat Hafalan

Amalia, Aisyah Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2019

Abstract

Selain basis kitab, hafalan Al-Qur’an juga merupakan basis utama dari berbagai Pondok Pesantren yang ada di Nusantara ini. Dengan teknik dan metode yang telah banyak digunakan, salah satu tradisi evaluasi hafalan yang khas dilakukan oleh pondok pesantren An-Nur Ngrukem adalah dengan tes peringkat hafalan. Praktiknya, dalam menghadapi tes peringkat hafalan terdapat berbagai dinamika yang dialami oleh para santri putri. Artikel ini menjelaskan bagaimana dinamika santri putri dalam menghadapi tes peringkat hafalan terkait studi living Qur’an di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem. Penelitian studi kasus yang menjadi dasar tulisan ini, membuktikan adanya faktor internal dan eksternal pada dinamika santri putri dalam menghadapi tes peringkat hafalan. Diantaranya, faktor internal; masa puber, kesiapan mental, keuletan ndandani hafalan, dan kesabaran. Sedangkan faktor eksternal; perlunya tips dari dhuriyyah dan pengurus, ketatnya persyaratan dan ketentuan tes, semakin banyaknya santri di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem dan perlunya manajemen waktu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alfanar

Publisher

Subject

Religion

Description

AL-FANAR: JURNAL ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR is peer-reviewed journal that aims to encourage and promote the study of the Quran and designed to facilitate and take the scientific work of researchers, lecturers, students, practitioner and so on into dialogue. The journal contents that discuss various ...