Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) bagaimana penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya pada materi QS. AT-Tin? (b) Bagaimanakah hasil metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan memabaca QS. AT-Tin? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mendapatkan gambaran tentang: (a) gambaran obyektif dari penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya pada materi QS. AT-Tin? (b) hasil metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan memabaca QS. AT-Tin? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sano Nggoang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (77,8%), siklus II (88,9%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode tutor sebaya dapat berpengaruh positif terhadap Kemampuan Membaca QS. AT-Tin Siswa IX A SMP Negeri 1 Sano Nggoang , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.
Copyrights © 2015