Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI

Ida Mawaddah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi siswa kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluser random sampling yaitu pengambilan dua kelas secara acak dan ditempatkan kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan XI-1 sebagai kelas kontrol, kelompok eksperimen diberi penerapan pembelajaran cooperative learning tipe think pair share sedangkan kelas kontrol tidak diberikan. Data prestasi siswa diperoleh dengan menggunakna metode tes. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik, rumus yang digunakan adalah rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 2,875 dan nilai ttabel ­pada taraf signifikan 5% dengan db = 24 + 24 – 2 = 46 sebesar 2,681, hal tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (2,875>2,681). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adaa pengaruh dari penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...