JURNAL SINEKTIK
Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Sinektik:Desember-2018

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS V

Lutfianasari, Yessy Latifatul (Unknown)
Mudzanatun, Mudzanatun (Unknown)
Cahyadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) terhadap  hasil belajar tema 4 subtema 2 siswa kelas VA SD Negeri Sampangan 02 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design, dengan rancangan One Group Pretest Posttest Design. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Jenis sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas VA.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil belajar siswa dilihat dari  rata-rata nilai pretest yaitu 63,95 dan meningkat pada nilai  posttest dengan rata-rata 76,84. Berdasarkan hasil uji t diketahui thitung lebih dari ttabel (10,013> 2,02) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya bahwa penggunaan model pembelajaran  Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berpengaruh terhadap hasil belajar tema 4 subtema 2 siswa kelas VA SD Negeri Sampangan 02 Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sin

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Sinektik published by Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Slamet Riyadi. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various aspect. ...