Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 3, No 2 (2018): Bioedusiana

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT DAN MEDIA TORSO

Popo Musthofa Kamil (Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi, Jalan Siliwangi Nomor 24, Tasikmalaya – 46115)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang proses pembelajaranya menggunakan media pembelajaran  powerpoint dengan media Torso pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di kelas XI IA SMAN 5 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan mulai Januari 2015 s/d Mei 2016 di kelas XI IA SMA N 5 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperiment. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IA SMAN 5 Tasikmalaya tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 3 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IA 2 dan XI IA 3 yang diambil dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik tes. Data yang diperoleh dari hasil tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan media powerpoint dengan media Torso pada Materi Sistem Pencernaan pada Manusia di kelas XI IA SMAN 5 Tasikmalaya. Siswa yang proses pembelajarannya menggunakan media powerpoint diperoleh rata-rata 18,4, lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang proses pembelajarannya menggunakan media Torso yang memperoleh rata-rata 16,2.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...