Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 1, No 1 (2018): Juni

MENINGKATKAN KARAKTERMELALUI PEMBELAJARAN OLAHRAGA PADA MI UNGGULAN MUHAMMADIYAH LEMAHDADI BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Muhammad Fatkhan Muallifin (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2018

Abstract

Kurangnya pendidikan karakter, membuat siswa kurang bertanggungjawab.Siswa hanya ingin memperoleh nilai yang baik tanpa harus belajardengan jalan mencontek.Hal ini perlunya meningkatkan pendidikankaraktersiswa agar dapat memiliki perilaku yang baik tanpa harus melakukantindakan yang keluar dari nilai-nilai sosial.Bukan hanya dalam segi belajarnamun juga bertingkah laku di rumah maupun di madrasah.MIUMuhammadiyah merupakan madrasah yang memiliki outcome yang baik. Olehkarena itu, peneliti mengangkat permasalahan yaituBagaimana caraMIUMuhammadiyah Lemahdadi Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakartadalammeningkatkan karakter melalui pembelajaran olahraga pada siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenispenelitian yang bersifat lapangan (field research).Teknik pengumpulan datayang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumberdata yang dipilih yaitu Kepala Madrasah, Guru dan Siswa diperkuat dengandokumen yang relevan guna menghasilkan data yang lebih valid.Hasil analisis menunjukkan upaya dalam meningkatkan karakter siswaMIU Lemahdadidapat diwujudkan dalam beberapa bentuk metode yaitupemberian reward (hadiah), memberikan pujian, memberikan nilai tambah,sanksi atau hukuman, menciptakan persaingan sehat, menanamkan rasatanggung jawab akan suatu kewajiban sesuai dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...