Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation
Vol 1, No 1

PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP CUSTOMER DELIGHT PADA TAMU RESORT (Survey Pada Tamu yang Pernah Menginap di Resort)

Liyani, Dewi Mei (Unknown)
Kusumah, Ahmad Hudaiby Galih (Unknown)
Rosita, Rosita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Servicescape penting dalam industri pariwisata karena pengalaman berwisata bersifat abstrak sehingga wisatawan membutuhkan tanda-tanda fisik yang bisa menjadi bukti bahwa mereka akan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Servicescape (X) terhadap customer delight (Y) pada tamu resort. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan cara penelitian menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengunjung yang pernah menginap di resort. Sedangkan sampel yang diambil dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Servicescape berpengaruh sebesar 73,4% terhadap customer delight, dan sisanya sebesar (0,5157)2  = 0,2659 x 100% = 26,59% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk ke dalam penelitian ini. Kondisi ini mengindikasikan Servicescape dapat mempengaruhi customer delight dan faktor lain di luar dari Servicescape tidak memiliki pengaruh besar. Hal ini menunjukan bahwa Servicescape berpengaruh positif terhadap customer delight dan Servicescape yang ada masih harus dioptimalkan dan dipelihara.Kata kunci: Servicescape, customer delight, tamu resor.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Jithor

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Health Professions Social Sciences Other

Description

Journal of Indonesian Tourism, Hospitality, and Recreation (Jurnal Pariwisata, Perhotelan dan Rekreasi Indonesia) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan dua keluaran (issues) dalam setahun pada bulan April dan Oktober. Redaksi juga turut mengundang para peneliti dan praktisi untuk dapat ...