Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa
Vol 12, No 1 (2014): METALINGUA, EDISI JUNI 2014

POLA BAHASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SEKOLAH DASAR BINA ANAK BANGSA, KOTA PONTIANAK

NFN Martina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2017

Abstract

BAHASA sebagai alat komunikasi dan interaksi memegang peranan penting dalamlingkungan sekolah. Bahasa yang digunakan anak sekolah dasar sangat bervariasi, baiksekolah umum maupun sekolah berbasis khusus. Sekolah dasar yang mendidik anakanakberkebutuhan khusus tentu saja tidak dapat disamakan dengan sekolah untuk anakyang normal. Dalam hal berbahasa pun akan ada perbedaan antara anak berkebutuhankhusus dan anak normal. Berkaitan dengan itu, tulisan ini menyoroti pola bahasa anakberkebutuhan khusus di kelas 1C, Sekolah Dasar Bina Anak Bangsa, Kota Pontianak.Masalah dalam tulisan ini adalah bagaimanakah pola bahasa anak berkebutuhan khususdi kelas 1C, Sekolah Dasar Bina Anak Bangsa, Kota Pontianak. Metode yang digunakanadalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkanbahwa pola-pola bahasa yang digunakan anak berkebutuhan khusus di kelas 1C meliputibidang fonologi, leksikal, dan sintaksis.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

metalingua

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

METALINGUA is a journal aiming to publish literary studies researches, either Indonesian, local, or foreign literatures. All articles in Metalingua have passed reviewing process by peer reviewers and edited by editors. METALINGUA is published by West Java Balai Bahasa twice a year, in June and ...