BAHASA sebagai alat komunikasi dan interaksi memegang peranan penting dalamlingkungan sekolah. Bahasa yang digunakan anak sekolah dasar sangat bervariasi, baiksekolah umum maupun sekolah berbasis khusus. Sekolah dasar yang mendidik anakanakberkebutuhan khusus tentu saja tidak dapat disamakan dengan sekolah untuk anakyang normal. Dalam hal berbahasa pun akan ada perbedaan antara anak berkebutuhankhusus dan anak normal. Berkaitan dengan itu, tulisan ini menyoroti pola bahasa anakberkebutuhan khusus di kelas 1C, Sekolah Dasar Bina Anak Bangsa, Kota Pontianak.Masalah dalam tulisan ini adalah bagaimanakah pola bahasa anak berkebutuhan khususdi kelas 1C, Sekolah Dasar Bina Anak Bangsa, Kota Pontianak. Metode yang digunakanadalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukkanbahwa pola-pola bahasa yang digunakan anak berkebutuhan khusus di kelas 1C meliputibidang fonologi, leksikal, dan sintaksis.
Copyrights © 2014