CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal)
Vol 6, No 1 (2014): CSRID Februari 2014

IMPLEMENTASI SISTEM PENJADWALAN UJIAN AKHIR SEMESTER MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS: STIKOM BALI)

Adnyana, I Made Budi ( STMIK STIKOM BALI Jln. Raya Puputan No.86 Renon - Denpasar, telp/fax : 0361-244445, 264773)
Ari Jayanti, Ni Ketut Dewi ( STMIK STIKOM BALI Jln. Raya Puputan No.86 Renon - Denpasar, telp/fax : 0361-244445, 264773)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2015

Abstract

ABSTRAK Penjadwalan UAS (Ujian Akhir Semester) yang dilakukan di STIKOM Bali memiliki berbagai tantangan, seperti jumlah paralel kelas perkuliahan yang besar, kebijakan-kebijakan akademik, waktu dan ruangan yang terbatas, dan sebagainya. Konsep Algoritma Genetika dapat diterapkan pada permasalahan penjadwalan ini. Algoritma ini diinspirasi dari proses evolusi alamiah, dimana masing-masing individu dapat melakukan proses-proses evolusi seperti kawin silang, seleksi, dan mutasi. Pengembangan sistem ini dimulai dengan pendefinisian aturan penjadwalan UAS di STIKOM Bali, representasi kromosom, perancangan fitness function dan stopping criteria, selanjutnya pengkodean program menggunakan bahasa pemrograman C#. Evaluasi terhadap sistem penjadwalan yang dikembangkan ini dilakukan dengan pengukuran terhadap keakuratan hasil penjadwalan, waktu komputasi, dan evaluasi fitness function. Sistem Penjadwalan UAS dengan mengimplementasikan Algoritma Genetika ini dapat menghasilkan jadwal UAS secara otomatis dan lebih optimal.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

CSRID

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Assosiasi profesi bidang ilmu komputer, Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (IndoCEISS) dan CORIS (Cooperation ...