FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 1, No 2 (2015): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN SIKAP SISWA

Hastri Rosiyanti (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Esti Wijayanti (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Treffinger (2) mendeskripsikan sikap siswa pada dua kelompok penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tambun Utara kelas XI pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan metode Quasi-Eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 88 siswa kelas XI IPS. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang sudah valid dan reliabel, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan hipotesis uji t nonhomogen. Hasil penelitian mengungkapkan ratarata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaranTreffinger lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Treffinger serta sikap siswa pada proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan model pembelajaran Treffinger.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...