FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 1, No 1 (2015): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN VISUAL – AUDITORI – KINESTETIK (VAK)

Hafiz Faturahman (MAN 19 Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan VAK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, aktivitas belajar matematika siswa selama penerapan pendekatan VAK, respon siswa selama penerapan pendekatan VAK, proses pembelajaran saat pendekatan VAK diterapkan. Penelitian dilakukan di MTs N 32 Jakarta tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar, jurnal harian siswa, pedoman wawancara, tes kemampuan pemecahan masalah, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan pendekatan VAK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 67 meningkat menjadi 83,5 pada siklus II, diikuti dengan peningkatan persentase kemampuan pemecahan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, menyusun rencana, melakukan perhitungan, dan menguji kembali. Selain kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar dan respon siswa menunjukkan peningkatan. Rata-rata aktivitas belajar pada siklus I sebesar 63,27% dan meningkat pada siklus II menjadi 76,91%. Berdasarkan jurnal harian, rata-rata persentase respon positif siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 51,44% menjadi 71,43% pada siklus II.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...