Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 2 No 1 (2016): November

Keefektifan Pembelajaran Inkuiri dan Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Hartini, Ika (Unknown)
Ferawati, Ferawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran inkuiri dan problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain non-equivalent control. Sampel yang diteliti adalah 58 siswa kelas IV di SDN Cipinang Besar Selatan 19 Pagi pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Sampel tersebut terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 31 siswa yang diberi pembelajaran inkuiri dan 27 siswa yang diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diberi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang diberi pembelajaran PBL. Rata-rata hasil belajar IPA siswa di kelas pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan di kelas pembelajaran PBL.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...