Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol 3 No 1 (2017): November

Peningkatan Pengetahuan Konseptual tentang Bangun Datar melalui Pendidikan Matematika Realtistik

Pramudiani, Puri (Unknown)
Oktafiani, Adinda Fuadillah (Unknown)
Aziz, Tian Abdul (Unknown)
Purnomo, Yoppy Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah tedapat peningkatan pemahaman konsep bangun datar menggunakan Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini dilakukan di kelas II sekolah dasar pada tahun akademik 2016/2017. Penelitian desain dipilih sebagai basis penelitian yang meliputi persiapan eksperimen, pre-experiment yang melibatkan 6 siswa kelas IIA untuk menguji awal Hypothetical Learning Trajectory (HLT), teaching experiment yang melibatkan 37 siswa Kelas IIB, dan analisis retrospektif (analisis data diperoleh dari tahap sebelumnya). HLT memainkan peran penting sebagai desain dan instrumen penelitian. HLT yang telah dirancang kemudian dibandingkan dengan pembelajaran siswa yang sebenarnya dalam teaching experiment. Data pemahaman siswa tentang konsep bentuk diperoleh dengan menggunakan pre-test, observasi, wawancara, lembar kerja siswa dan post-test serta data yang diperoleh dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep bangun datar yang akan diuraikan lebih lanjut dalam pembahasan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jipd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD) or The Journal of Innovation in Elementary Education is an international, open access, multidisciplinary, peer-reviewed journal that is online publishes two times in a year. JIPD publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and ...