Jurnal Bimbingan Konseling
Vol 5 No 2 (2016): Desember 2016

EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK GAMESTORMING DAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

Jawandi, Ahmad (Unknown)
Sugiharto, DYP (Unknown)
Tadjri, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Gamestorming dan teknik Token Economy terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas VII SMP Islam Diponegoro serta untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara kedua teknik tersebut. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi adalah siswa SMP Islam Diponegoro. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen skala penilaian kreativitas. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dengan aplikasi SPSS. Hasilnya menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok baik dengan teknik gamestorming maupun teknik token economy efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Namun, teknik Gamestorming mampu meningkatkan kreativitas secara lebih tinggi dibandingkan dengan teknik token economy.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jubk

Publisher

Subject

Education

Description

JBK publishes original manuscripts relating to the following: school counseling; career counseling; couple, marriage, and family counseling; mental health; counseling supervision; theory development; professional counseling ethics; international counseling and multicultural issues; program ...