Jurnal Biotek
Vol 6 No 1 (2018): Juni

PENGEMBANGAN TES SUMATIF MATA PELAJARAN BIOLOGI SEMESTER GANJIL KELAS IX

Amri Amri (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, UM Parepare)
Syahriani Syahriani (Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat tes sumatif yang valid dan reliabel dan perangkat tes sumatif dengan karakteristik internal yang meliputi tingkat kesukaran, daya beda, dan kualitas pengecoh (distracter) pada mata pelajaran biologi semester ganjil kelas IX. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model pengembangan yang digunakan model pengembangan 4-D yang tediri atas tahap define, design, develop dan dessiminate. Data penelitian diperoleh melalui 2 kriteria yaitu (1) data validitas dan reliabilitas yang diperoleh melalui penilaian ahli dan praktisi (2) data validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh atau distraktor yang diperoleh melalui hasil uji coba tes sumatif. Hasil yang diperoleh pada tahap uji coba menghasilkan instrumen penilaian kognitif dengan soal tes bentuk pilihan ganda sebanyak 53 soal dari 90 nomor soal yang dibuat pada draft awal dengan memiliki kualitas valid dan reliabel dengan tingkat kesukaran mudah, sedang dan sukar. Dari segi tingkat kesukaran, kategori mudah (38,67%), kategori sedang (58,67%) dan kategori sukar 2,67% serta memiliki daya pembeda dengan kategori lemah, cukup dan baik. Kategori lemah (36%), kategori cukup (56%), dan kategori baik 8%. Dari segi pengecoh, ada 89,33% soal yang pengecohnya efektif, sedangkan 10,67% soal yang pengecohnya tidak efektif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

biotek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Biotek is an academic journal published by Alauddin Press Makassar in collaboration with Department of Biology Education in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal accepts scholarly papers regarding of biology science, biology education, Islamic perspective of biology science, ...