Jurnal Biotek
Vol 5 No 2 (2017): Desember

PENGEMBANGAN PENILAIAN KINERJA TEKNIK PEER ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MA MADANI ALAUDDIN

Qalbia Basri (Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
St. Syamsudduha (Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Ainul Uyuni Taufiq (Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penilaian kinerja teknik peer assessment pada pembelajaran biologi kelas XI yang memenuhi kriteria valid, reliabel dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan di bidang pendidikan yang dikenal dengan Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi model 3-D, yakni define (pendefinisian), design (perancangan) dan develope (pengembangan). Subjek uji dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon guru dan angket respon siswa. Analisa penelitian dengan menggunakan analisa data deskriptif-kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk penilaian kinerja teknik peer assessment dengan 10 aspek/kinerja yang dinilai. Produk yang dihasilkan memenuhi kategori sangat valid dengan nilai 3,53, tingkat konsistensi atau reliabilitas sangat tinggi dengan nilai 0.87 dengan persentase kepraktisan 82.5% responden yang memberikan respon positif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

biotek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Biotek is an academic journal published by Alauddin Press Makassar in collaboration with Department of Biology Education in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. The journal accepts scholarly papers regarding of biology science, biology education, Islamic perspective of biology science, ...