Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penilaian kinerja teknik peer assessment pada pembelajaran biologi kelas XI yang memenuhi kriteria valid, reliabel dan praktis untuk digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan di bidang pendidikan yang dikenal dengan Research and Development (R & D) yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi model 3-D, yakni define (pendefinisian), design (perancangan) dan develope (pengembangan). Subjek uji dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon guru dan angket respon siswa. Analisa penelitian dengan menggunakan analisa data deskriptif-kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa produk penilaian kinerja teknik peer assessment dengan 10 aspek/kinerja yang dinilai. Produk yang dihasilkan memenuhi kategori sangat valid dengan nilai 3,53, tingkat konsistensi atau reliabilitas sangat tinggi dengan nilai 0.87 dengan persentase kepraktisan 82.5% responden yang memberikan respon positif.
Copyrights © 2017