Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 1 No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN GEOMETRI BANGUN DATAR BERBASIS TEORI VAN HIELE UNTUK SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Erif Ahdhianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2016

Abstract

Abstrak: Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Khadijah Pandegiling Surabaya.Pengembangan modul pembelajaran menggunakan model pengembangan Plomp yaitu(1) Investigasi awal; (2) Desain; (3) Realisasi/konstruksi; (4) Tes, evaluasi, dan revisi;(5) Implementasi dan kualitas modul pembelajaran menggunakan kriteria Nieveen yaituvalid, praktis, dan efektif. Data tentang kevalidan modul pembelajaran diperoleh dari validasi. Hasil validasi yang diperoleh dari tiga validator adalah 3,2 termasuk dalamkategori baik, sehingga modul pembelajaran dikatakan valid dan dapat diujicobakan.Data tentang kepraktisan modul pembelajaran diperoleh dari lembar pengamatanpengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Hasil analisis pengelolaan pembelajaranrata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan modulpembelajaran di SD Khadijah Pandegiling Surabaya sebesar 3,6 termasuk dalamkategori baik sedangkan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran menggunakanmodul pembelajaran baik. Data tentang keefektivan diperoleh dari analisis Tes HasilBelajar (THB) dan lembar respon siswa. Hasil analisis THB pada modul pembelajaranreliable, valid, dan sensitive dengan rata-rata nilai siswa 82,8 serta respon siswaterhadap pembelajaran rata-rata 3,13 dalam kategori positif

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...