Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 1 No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Ilmawati Fahmi Imron (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapanpendekatan scientific dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikirkritis siswa materi manusia dan lingkungannya di sekolah dasar. Penelitian inimenggunakan penelitian True eksperimen dengan rancangan penelitian Pretestposttestcontrol group design. Subjek penelitian kelas IVA dan kelas IVB SDNSingkalanyar 1 Prambon Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisisdengan menggunakan SPSS 19.0 menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatanscientific dengan model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikir kritis padamateri manusia dan lingkungannya di sekolah dasar dibuktikan dengan t hitung (13,377) > t tabel (2,021). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwapenerapan pendekatan scientific dengan model pembelajaran berbasis masalah padamateri manusia dan lingkungannya di sekolah dasar dapat digunakan sebagai salahsatu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...