JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)
Vol 1, No 1 (2015): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI METODE BERMAIN JAWABAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SDN 27 BATANG ANAI PADANG PARIAMAN

Sari Baganti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnyakemampuan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III. Faktor penyebab rendahnya kemampuan menulis siswa yaitu kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran, guru sering menggunakan metode ceramah sehingga tidak meningkatkan daya pikir dan kemampuan menulis siswa.Tujuan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan menulis siswa melalui metode bermain jawaban. Rumusan masalah penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa melalui metode bermain jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN 27 Batang Anaiyang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi pelaksanaan proses pembelajaran guru, lembar observasi kemampuan menulis siswa, dan tes hasil belajar kemampuan menulis siswa. Berdasarkan hasil penelitiandiketahui rata-rata nilai siswa meningkat dari 68,00 pada siklus I menjadi 77,05 pada siklus II dan ketuntasan belajar siklus I dengan persentase 55,00%, menjadi 80,00%. Dari hasil analisis lembar observasi kegiatan siswa diperoleh rata-rata persentase dari observer siklus I 37.05%, sedangkan siklus II 71,25% sehingga dalam kategori baik.Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode bermain jawaban berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat menggunakan  menggunakan model bermain jawabanuntuk meningkatkan kemampuan menulis serta hasil belajar kemampuan menulis siswa. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education

Description

JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) ISSN: 2502-8103 (for electronic version) 2477-8524 (for print version). JPPI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics ...