JAE (Jurnal Akuntansi dan Ekonomi)
Vol 2 No 1 (2017): JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI

Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Dalam Memprediksi Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013)

Sri Kalimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh profitabilitas yang diukur dengan menggunakan return on asset (ROA), likuiditas yang diukur dengan menggunakan current ratio (CR), dan leverage yang diukur dengan menggunakan debt to equity ratio (DER) dalam memprediksi financial distress pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kausatif sedangkan populasi penelitian diambil dari semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009 sampai 2013. Untuk sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 29 sampel perusahaan. Jenis data sekunder ini diperoleh dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 19 Berdasarkan analisis regresi berganda diperoleh hasil tingkat signifikansi 5%, maka hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) profitabilitas mempunyai mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress. Secara parsial (uji t) t hitung rasio profitabilitas (X1) adalah 3,925 > t tabel 2,052 dan nilai r = 0,559 dengan signifikasi 0,001 < 0.05; (2) rasio likuiditas mempunyai pengaruh positif, namun tidak signifikan terhadap financial distress. t hitung rasio likuiditas (X2) adalah 1,149 < t tabel 2,052 dan nilai r = 0,186 dengan signifikasi 0,261 > 0,05; (3) leverage mempunyai pengaruh sangat rendah dan tidak signifikan dalam memprediksi financial distress pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. t hitung rasio leverage (X3) adalah 1,613 < t tabel 2,052 dengan signifikasi 0,119 diartikan bahwa dan nilai r = 0,081. Berdasarkan penelitian diatas, disarankan: (1) Bagi perusahaan, dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan perbaikan sebelum financial distress dan menyebabkan kebangkrutan; (2) Bagi akademisi dan peneliti dapat menambah sebuah bukti empiris dan ilmu pengetahuan mengenai pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage dalam memprediksi financial distress, sehingga dapat dilaksanakan dalam penelitian yang sejalan dengan ini; (3) Bagi investor, dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi yang tepat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of JAE is a peer review journal published by Department of Accounting and the media for researchers, practitioners and lecturers who will publish the results of their research. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and ...