Penelitian yang berjudul “Mengentaskan Permasalahan dalam Pendidikan Dasar Melalui Etika Guru” bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh antara etika guru dalam mengentaskan permasalahan pendidikan di sekolah dasar, dimana kita ketahui bahwa pendidikan di SD sangat kompleks sehingga guru sangat ditekankan dalam meningkatkan keprofesionalan dalam menghadapi peserta didinya. Sifat anak SD sangat cepat menru dan memahami apa yang di dengar dan dilihat, oleh karena itulah etika guru sebagai cerminan bagi peserta didik sangat perlu di biasakan dan ditingkatkan. Adapaun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah fenomenologi yang merupakan suatu tatanan berpikir secara filosofi terhadap obyek yang diteliti. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah teknik tidak langsung, artinya peneliti mengumpulkan data melalui catatan-catatan pribadi atau hasil karya seseorang, teknik ini disebut juga sebagai studi dokumenter. Peneliti menggunakan beberapa teknik dalam menguji keabsahan data-data tersebut, yaitu dengan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, dengan etika guru dapat mengentaskan permasalah pada siswa di sekolah dasar. Guru yang beretika merupakan manusia yang bisa memanusiakan manusia.
Copyrights © 2017