FKIP e-PROCEEDING
2018: Seminar Nasional Pendidikan 2018 "Pengembangan Keterampilan Abad 21 "4C" di Sekolah Dasar dala

PERMAINAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS RENDAH SD KUPANG BONDOWOSO

Desi Ayu Ating (universitas jember)
Dyah Ayu Puspitaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca pada anak yaitu dengan cara menggunakan media permainan dengan memilih media seperti membuat puzzle. Media puzzle merupakan media sederhana yang dimainkan dengan bongkar pasang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Deskriptif Kualitatif. Diskriptif kualitatif adalah suatu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata penulis ataupun lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati untuk diarahkan pada latar dan individu secara holistic. Penelitian ini memiliki tujuan agar lebih mengenal lingkungan dan dapat terjun langsung ke lapangan. (Lexy J. Moleong. 2002). Dapat disimpulkan bahwa penggunaaan media puzzel merupakan solusi yang paling tepat dan efektiv untuk meningkatkan minat baca siswa kelas rendah di SD Kupang Bondowoso. Dengan menggunakan media puzzel ini membuat siswa lebih tertarik untuk membaca karena dapat membuat puzzel sesuai karakter siswa kelas rendah seperti puzzel yang memiliki tema hewan, kartun, maupun tentang budaya di Indonesia. Pasti dengan menggunakan beberapa tema tersebut membuat siswa SD Kupang lebih semangat untuk membaca.

Copyrights © 2018